Minggu

DARPA Transformer, Kombinasi Helikopter dan Mobil




London-DARPA (Defense Advanced Research Projects Agency) sedang mengembangkan sebuah kendaraan militer 3 in 1, yaitu kendaraan yang menggabungkan mobil, helikopter dan pesawat sekaligus.
DARPA menyebut kendaraan ini adalah Transformer (TX). TX adalah mobil empat penumpang yang dilengkapi dengan berbagai persenjataan dan bisa berjalan sejauh 280 mil (450 km) baik di darat maupun udara.

Prototipe mobil ini sedang dibuat dan diharapkan tahun 2015 nanti bisa terwujud apabila tentara Amerika dan Inggris masih berada di Afganistan.



"Kami memang sedang mengembangkan kombinasi kendaraan darat dengan helikopter menjadi sebuah kendaraan multifungsi dengan pergerakan yang fleksibel. Konsep kendaraan ini adalah mampu menghindari masalah di darat, jika terjadi masalah dengan permukaan darat, dengan cukup terbang ke udara," ujar juru bicara proyek DARPA, seperti dikutip Dailymail.


Yang paling utama adalah kemampuannya untuk lepas landas secara vertikal seperti sebuah helikopter sehingga area yang sempit bukan menjadi alasan bagi kendaraan ini untuk mendarat atau tinggal landas.

Transformer yang dilengkapi dengan teknologi cangggih ini juga bisa membuat siapapun bisa mengendarainya dan anda bisa memacu kecepatan sampai 104 km per jam pada saat berjalan di darat atau 241 km per jam pada saat di udara.
Proyek Transformer ini menghabiskan dana 41 juta poundsterling atau sekitar Rp581 miliar.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar