Kamis

Cara menerbangkan pesawat... (Ex:Boeing737)


Ketika pesawat yang anda tumpangi ternyata dibajak oleh sekelompok teroris dan tanpa sengaja anda beserta penumpang lainnya berhasil melumpuhkan teroris tersebut. betapa senangnya hati anda. anda akan dianggap sebagai pahlawan yang berjasa menyelamatkan seluruh awak penumpang dari ancaman terorisme.
tapi naas, ternyata pilot beserta kopilotnya tewas ditangan teroris. pesawat dengan penumpang 200 lebih dipertaruhkan nyawanya. bagaimana tidak, pesawat akan terbang tanpa pilot dan tanpa tujuan. dalam keadaan darurat, bagaimana cara mengatasinya???
berikut sedikit pengetahuan bagaimana cara menerbangkan pesawat.





1. Sebelum terbang pilot diberikan flightplan untuk terbang ke bandara yang dituju. Disana disebutkan rute penerbangan, ketinggian, waktu terbang, data-2 fuel, dan juga beberapa info lainnya seperti wind, breaking tropopause, MORA dan beberapa info lainnya.







2. Setelah itu rata-rata pesawat sekarang menggunakan alat navigasi yang canggih. Ada yang namanya GPS, ada yang namanya FMS, ada juga yang menggabungkannya, ada juga Omega seperti di pesawat-2 lama, dan ada yang lainnya lagi. Rencana penerbangan yang ada di flightplan tadi lalu dipindahkan ke komputer di pesawat (FMS, dalam contoh ini). Semuanya di program, mulai dari ketinggian pesawat, rute, bensinnya, anginnya, sampai ketinggian-2 di titik-2 tertentu.


















3. Setelah pesawat tinggal landas pilot tinggal mengaktifkan FMS tersebut. Ada 2 macam dalam pesawat Boeing 737, yaitu Lateral Navigation (LNAV) dan ada juga Vertical Navigation (VNAV). Sesuai namanya maka lateral Nav ini akan menerbangkan pesawat secara otomatis menuju ke tujuan. Pesawat bisa belok-belok sendiri mengikuti apa yang telah kita programkan di komputer sebelumnya.






5. Selain itu pilot menggunakan juga yang namanya ROUTE CHART. Ini sebagai peta yang kita gunakan untuk cross check posisi saat terbang, pesawat sampai dimana, dan semacam itu.






6. Saat pesawat sampai di tujuan, ada lagi yang harus dibaca yaitu APPROACH CHART sebagai panduan bagi pilot untuk memasuki area tersebut. Bagaimana caranya, berapa ketinggian nya, kemana arahnya, dan lain-lain.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar