Jumat

Proses Pengereman pada Pesawat Terbang



1. FLAP


flap terdapat pada bagian belakang sayap. flap tidak hanya digunakan pada saat pesawat lepas landas. pada saat landing,flap juga berfungsi sebagai "Airbrake" atau rem angin dalam laju pesawat setelah landing. flap terdiri dari beberapa level yaitu,flap 1 sampai 40 (pada boeing 737). umunya pada saat landing flap dikeluarkan secara penuh (flap 40 pada boeing 737) tidak seperti pada saat lepas landas (yang hanya memakai flap 5)


Spoiler 


Spoiler 





2. AIR BRAKE SPOILER



nah,yang satu ini dikhususkan sebagai airbrake/rem angin pada pesawat. fungsinya sebagai penghambat laju angin dan memberikan gesekan pada sayap pesawat. sehingga gaya laju angin pada pesawat terhambat oleh spoiler pada pesawat itu sendiri. letak airbrake spoiler ini di atas flap. pada sayap pesawat.


Spoiler for airbrake spoiler:


Spoiler for airbrake spoiler:





3. REVERSE TRHUST 



bisa dikatakan dari semua faktor pengereman,inilah yang paling penting. "dorongan balik" jet pada kedua sayap pesawat mendorong berlawanan dengan arah laju pesawat. apakah putaran mesin jet yang berubah arah? tentu tidak mungkin jet yang sedang memutar cepat dapat berganti arah berlawanan. lalu bagaimana jet yang menyemburkan dorongan ke belakang pesawat lalu seketika dapat berubah menjadi semburan kedepan yang berlawan dengan arah laju pesawat? disinilah menariknya,pada kedua jet terdapat katup katup otomatis yang terbuka jika pesawat melakukan dorongan balik berlawanan dengan lajunya. katup tersebut berfungsi membuang udara yang disedot jet,ke arah depan. dengan kata lain,jet menutup saluran semburan ke belakang pesawat. sehingga pesawat mendapat dorongan yang berlawanan dengan arah lajunya.


Spoiler for reverse thrust:


Spoiler for reverse thrust:


Spoiler for reverse thrust


Spoiler for reverse thrust


Spoiler for video


Spoiler for video


Spoiler for video





4. WHEEL BRAKE



ini deh yang terakhir. setelah kecepatan mulai stabil,baru deh pilot menggunakan rem pada roda pesawat. sistem yang dipakai rem adalah rem cakram. rem roda juga berfungsi sebagai parking brake pada saat pesawat sedang parkir. tanpa flap,airbrake spoiler,dan reverse thrust, rem roda tidak dapat menghentikan laju pesawat yang baru landing. karena,kecepatan pesawat setelah landing dapat mencapai 270 knots atau 500 km/jam! gak kebayangkan kalo pesawat cuma punya satu rem doang hehehe. 



ini dia cuplikan di mana rem roda pesawat airbus A380-800 sedang di test


Spoiler for video:
Sumber : KASKUS.US

1 komentar:

  1. pada saat terbang dan mau mengurangi kecepatan pesawat apakah menggunakan thrust reverse juga ya....Thanks infonya...

    BalasHapus