Senin

GANTOLE


Olahraga Gantolle adalah salah satu cabang olahraga terbang bebas. Gantolle dapat diartikan sebagai sebuah pesawat yang dapat diterbangkan dan dapat mengangkat badan penerbang atau pesawat ini lepas landas dan mendarat menggunakan kaki penerbang.


gantolle salah satu olah raga angin. Dia merupakan olah raga rekreasi atau kompetitif yang berhubungan dekat dengan gliding, tetapi menggunakan pesawat yang lebih sederhana yang kadangkala hanya terdiri dari sayap kain yang berangka-metal, dengan pilot berada di sebuah harness yang menggantung dari kerangka sayap dan melakukan kontrol dengan menggerakan badan terhadap rangka yang berbentuk segitiga yang juga menempel di kerangka utama.
Olahraga Gantolle lepas landas dari sebuah lereng bukit atau gunung dengan memanfaatkan angin. Angin yang dipergunakan sebagai sumber daya angkat yang menyebabkan Gantolle ini melayang tinggi di angkasa terdiri dari dua macam yaitu, angin naik yang menabrak lereng (dynamic lift) dan angin naik yang disebabkan karena thermal (thermal lift). Dengan memanfaatkan kedua sumber itu maka penerbang dapat terbang sangat tinggi dan mencapai jarak yang jauh. Yang menarik adalah bahwa semua yang dilakukan itu tanpa menggunakan mesin, hanya semata-mata memanfaatkan angin.
Peralatan Gantolle berat seluruh perlengkapannya ( Pesawat Gantolle, harness, parasut cadangan, helmet) sekitar 25- 50 kg. Olahraga Gantolle juga sangat kecil ketergantunganya dengan wahana lainnya.

==> Siapa Saja yang Boleh Terbang?
Siapa saja boleh ikut terbang, laki-laki atau perempuan, tua atau muda, asal sehat jasmani dan rohani, tidak mengidap penyakit jantung, dan epilepsi. Umur peminat yang disarankan adalah antara 17 s/d 60 tahun. Peminat yang berumur kurang dari 18 tahun harus mendapat restu dan ijin dari orangtua/wali.

==> Perlengkapan Apa Saja yang Dibutuhkan?
Perlengkapan utama dalam olahraga gantolle antara lain pesawat gantolle dan parasut cadangan, harness, dan helmet. Perlengkapan pendukung terbang yang diperlukan antara lain variometer, radio/HT, GPS, windmeter, peta lokasi terbang, dll. Sedang perlengkapan pakaian penerbang antara lain baju terbang/flight suit, sarung tangan, dan sepatu berleher tinggi/boot.
Jenis pesawat gantolle yang dipergunakan sangat tergantung dari tingkat kemampuan penerbang dan berat penerbang. Setidak-tidaknya terdapat tiga jenis gantolle yaitu, pesawat untuk pemula, pesawat untuk penerbang menengah, dan pesawat untuk penerbang mahir. Ukuran pesawat juga harus sesuai dengan berat penerbangnya. Ukuran yang tersedia antara lain XS, S, M, L serta LL untuk terbang berdua/tandem.

==>  Apa Sih Kenikmatan dan Keasyikkan Terbang dengan Gantolle?
Menikmati udara bebas siapa yang tak suka? Olahraga gantolle adalah olahraga di alam bebas. Kalau anda pernah bermimpi jadi burung, maka terbang dengan gantolle adalah salah satu kenyataan yang dapat anda lakukan. Hanya dengan memanfaatkan angin anda dapat melayang-layang tinggi di angkasa luas dan merasakan desiran angin dalam kesunyian. Bayangkan saja, beberapa saat sebelumnya anda menginjak bumi namun beberapa saat kemudian anda sudah memandang bumi dari sisi lain, dari sebuah ketinggian di angkasa raya. Ini adalah sensasi lain yang tidak semua orang dapat melakukannya. Sensasi ini tentu saja berbeda dengan kehidupan sehari-hari anda. Ketika anda melayang di ketinggian secara tidak langsung anda akan lebih menghargai kehidupan anda dengan cara lain.
Ketika anda telah cukup mahir maka anda akan lebih menikmati penerbangan anda, ketrampilan yang anda punyai membuat anda lebih percaya diri. Kalau cuaca mendukung maka anda akan dapat terbang sesuai keinginan anda. Mau terbang tinggi, atau mau terbang jauh itu terserah anda. Berikutnya tentu anda sendiri yang akan merasakan bagaimana asyik dan nikmatnya terbang dengan gantolle.
Tetapi jangan begitu saja percaya dengan apa yang kami ungkapkan ini. Ini hanya sekadar ungkapan dengan kata-kata, benarkah demikian asyiknya dalam kenyataannya? Tidak ada cara lain untuk merasakan keasyikkan itu kecuali anda mencobanya untuk terbang sendiri. Jangan mau hanya mendengar dari orang lain, rasakan sendiri keasyikkannya.

==> Berbahayakah Gantolle itu ?
Banyak yang masih menganggap bahwa olahraga Gantolle itu berbahaya, benarkah demikian? Kita mengetahui bahwa semua olahraga mempunyai resiko, itu pasti. Naik sepeda di jalan raya pun mengandung unsur bahaya yang sangat besar, bukankah demikian? Di dalam melakukan olahraga, terutama olahraga alam bebas, resiko yang mungkin akan terjadi sangat tergantung dari bagaimana cara para pelaku itu melakukan kegiatannya. Demikian pula di dalam olahraga Gantolle, jika kita melakukan dengan prosedur dan tata cara yang benar maka resiko yang akan terjadi pun akan sangat minimal. Jika anda baru bisa berjalan maka anda jangan berlari, begitu kata orang bijak. Dalam peningkatan kemampuan seorang penerbang Gantolle harus dilakukan setahap demi setahap.

==> Di mana Saya Dapat Berlatih Gantolle?
Berlatihlah kepada orang yang tepat yaitu instruktur/pelatih gantolle yang bersertifikat dan diakui oleh organisasi gantolle di masing-masing negara. Di Indonesia, lisensi untuk pelatih gantolle dikeluarkan oleh Persatuan Olahraga Dirgantara Layang Gantung Indonesia – Federasi Aero Sport Indonesia / PLGI – FASI.
Pada umumnya pelatih-pelatih tersebut telah bergabung di klub atau klub pendidikan yang bernaung di bawah FASIDA di mana klub tersebut berada yang sudah tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Keuntungan anda berlatih dengan pelatih yang bersertifikat dan diakui oleh PLGI – PB FASI antara lain:
  1. Pelatih telah memahami prosedur kepelatihan gantolle yang aman, sehingga akan menekan resiko dan mempercepat peningkatan kemampuan anda.
  2. Memperoleh Kartu Santunan Kecelakaan Gantolle dengan jaminan maksimal sebesar Rp. 2.500.000,00. Santunan khusus untuk kecelakaan Gantolle ini berlaku untuk kategori meninggal dan cacat tetap, keterangan lebih lengkap tanyakan pada instruktur anda
  3. Setelah selesai mengikuti pelatihan dasar dan dinyatakan lulus akan mendapatkan lisensi yang diakui PLGI PB FASI sesuai tingkatannya.
Sumber: gantolle.wordpress.com


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar